Kabar Politik Terupdate

banner puasa

Penyakit Itu Bernama PD Bina Usaha

185 0

 

Gedung kantor Bupati Aceh Utara di Lhokseumawe FOTO IST

KABAR terbaru datang dari bagian ekonomi, Pemerintah Aceh Utara. Ruang yang terletak dilantai satu kantor Bupati Aceh Utara itu tiba-tiba mengumumkan rekrutmen calon direktur baru untuk Perusahaan Daerah (PD) Bina Usaha.

Perusahaan plat merah dengan segala cerita merah pula didalamnya itu ditinggal direktur utamanya Bang Yos. Badan usaha yang sejatinya didirikan untuk menghasilkan laba itu memiliki aset berupa tangki minyak kelapa sawit di Krueng Geukuh, pabrik es batangan di Seunuddon, sejumlah aset berupa tanah, gedung eks pabrik tekstil Lombartex plus Hotel Lido Graha Lhokseumawe. Ada juga Kapal Marisa yang karam sejak beberapa tahun lalu di perairan Singkil, hingga kini belum jelas juntrungannya.

Meski serba tidak jelas, perusahaan itu tetap eksis. Pemerintah Aceh Utara tampaknya senang betul merawat “penyakit” yang menahun ini. Tak ada yang mampu menyelesaikannya.

Kepala bagian ekonomi Pemerintah Aceh Utara, Halidi optimis perusahaan itu akan pulih. Melihat rekam jejaknya, hanya Lido Graha Hotel yang mampu dioperasionalkan oleh Bina Usaha.

Lalu, siapakah yang harus disalahkan? DPRK Aceh Utara tahun lalu merekomendasikan agar perusahaan daerah itu dibubarkan. Namun, eksekutif tampaknya memang tak berniat menutup. Ini pertanda buruk, bagi keuangan daerah Aceh Utara. Uang rakyat yang berada dalam APBK tampaknya akan terus mengalir ke perusahaan itu.

Entah kapan perusahaan itu berhasil dibenahi? Ataukah, Aceh Utara memang senang merawat penyakit yang bernama PD Bina Usaha itu. Entahlah. |RED

Comments

comments