Kabar Politik Terupdate

banner puasa

Kegigihan Dahlan Menjaga Kepentingan Dosen

218 0

PRIA berambut cepak itu sedang serius berbicara di gedung serbaguna Universtitas Samudera, Langsa, Aceh, Senin (13/11/2017). Suaranya keras. Itulah Dahlan Abdullah, Kepala Perpustakaan Universitas Malikussaleh (Unimal) yang sedang mengisi materi tentang data dosen pada Aplikasi Science and Technology Index (Sinta) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) RI di kampus kebanggan masyarakat Langsa itu.

Kandidat doktor dari jurusan Ilmu Komputer, Universitas Sumatera Utara (USU) itu, kini menjabat Kepala Perpustakaan Unimal. Dia gigih mengajak dosen mengisi aplikasi Sinta dan google scholar. Bagi para dosen, dua aplikasi itu diwajibkan oleh kementerian.

Dahlan kerap mengadakan pelatihan secara sukarela untuk seluruh jurusan di Unimal untuk mengisi aplikasi itu. Bahkan, dia siap membantu para dosen mengisi aplikasi itu hingga dini hari. “Kita siap saja lah. Ini saling membantu. Dan itu gratis ya, saya tak pungut biaya atas jasa yang saya berikan,” kata pria penggemar olahraga menembak ini.

Anak keempat dari delapan bersaudara buah cinta H Abdullah Ibrahim dan Hj Cut Aminah bahkan dikenal cerewet memprovokasi dosen untuk mengisi aplikasi tersebut. “Masak tidak mau isi aplikasi itu, ini sudah kita bantu, masih saja ada yang tidak mau. Tapi itu seni dan tantangan saya, harapan saya semua dosen bisa isi aplikasi itu,” katanya.

Kegigihan Dahlan ini pula dibicarakan dari mulut ke mulut, hingga Universitas Samudera mengundangnya untuk berbicara dan melatih para dosen di kampus negeri itu. Puluhan dosen dari lima fakultas di Universitas Samudra mengikuti pelatihan itu.

Pada sesi itu, Dahlan mengimbau para dosen Unsam untuk menulis pada jurnal yang telah menggunakan sistem open journal (OJS) dan internasional conference yang terindeks Scopus, Thomson Reuters, Copernicus dan lain sebagainya.

“Semua itu untuk kebaikan dosen juga. Apalagi, angka publikasi kita masih jauh dari kampus lainnya di Asia Tengagra. Ini penting menjadi perhatian semua dosen,” kata ayah dari tiga putri dan satu putra itu.

Suami Cut Ita Erliana itu, berharap semua dosen berkolaborasi dalam mempublikasi tulisan ilmiah ke sejumlah jurnal terindeks. “Agar sesama dosen menguntungkan, bagi saya, menguntungkan sesama, membantu sesama itu kebahagiaan tersendiri. Dan hanya itu yang bisa saya lakukan untuk ratusan dosen di Unimal dan kampus lainnya yang mengundang saya,” pungkasnya.

|TIM

 

Comments

comments