Kabar Politik Terupdate

banner puasa

Banjir di Aceh Utara Meluas, Warga Dievakuasi

108 0

LHOKSEUMAWE | POLITIKITA.COM – Banjir sebelumnya merendam Kecamatan Matangkuli, kini meluas ke kecamatan lainnya seperti Kecamatan Samudera, Kecamatan Simpang Keramat dan Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (2/12/2017).

Polres Lhokseumawe menurunkan 30 personel dilengkapi perahu karet mulai mengevakuasi warga khususnya anak-anak ke daerah yang lebih tinggi. Seperti terlihat di Desa Mancang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, polisi mengevakuasi anak-anak agar tidak bermain di lokasi banjir dan dibawa ke dataran lebih tinggi.

Hal yang sama terlihat di Desa Lawang, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara. Polisi mengevakusi warga karena ketinggian air kini mencapai satu meter lebih.

“Di Kecamatan Samudera, ada tiga desa terendam banjir yaitu Desa Mancang, Desa Tanjong Awe, dan Desa Tanjong Masjid. Ini karena meluapnya Krueng (sungai) Pase. Sekarang kita evakuasi anak-anak dulu agar tak main di area banjir, kita khawatir mereka terendam,” kata Kasat Sabhara Polres Lhokseumawe AKP Fazli.

Sementara itu, Kapolres Aceh Utara, AKBP Untung Sangaji mengintruksikan seluruh Polsek siaga banjir. “Saat ini kita sudah evakuasi sebagian warga. Utamanya yang kita evakuasi anak-anak, kaum ibu dan mereka yang sudah renta. Itu prioritas utama kita untuk dibawa ke dataran lebih tinggi,” katanya.

Selain itu, dia mengintruksikan polisi menyiagakan tenda darurat untuk tempat berteduh sementara warga yang dievakuasi. “Jika sudah surut, barulah pulang ke rumah. Namun, sekarang kita evakuasi dulu, guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” pungkasnya.

Selain merendam ribuan rumah, banjir kali ini menjebol tebing sungai di Desa Tanjong Mesjid, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara sepanjang satu meter. Dampaknya, kawasan itu semakin cepat terendam banjir. |KCM

Comments

comments